Sabtu, 26 Maret 2016

Makanan Bayi 6 Bulan Pertama

Makanan Bayi 6 Bulan Pertama - Hallo Sobat Bloggerix kali ini saya akan membahas artikel tentang Makanan Bayi 6 Bulan Pertama, Tak terasa, kini bayi Kamu telah mencapai usia 6 bulan dan telah melalui masa ASI Eksklusifnya… Apa yang wajib Kamu perbuat untuk menyiapkan makanan pertama baginya? Bahan makanan apa saja yang dapat Kamu gunakan sebagai makanan pertama bayi Anda? Bagaimana tutorial mengolahnya? Berikut berbagai faktor yang butuh Kamu ketahui…

Makanan bayi yang sehat dan aman merupakan makanan yang anda buat sendiri dengan memilih bahan-bahan yang baik, dan dengan pengolahan dan cara penyimpanan yang benar. Begitu pula untuk makanan pertama bayi – sebaiknya Kamu mebuatnya sendiri.

Makanan Bayi 6 Bulan Pertama
Makanan Bayi 6 Bulan Pertama
Makanan Bayi 6 Bulan Pertama

Memilih Bahan Makanan
Sayuran dan buah-buahan organik hasil perkebunan lokal merupakan opsi yang paling baik, sebab aman dari resiko tercemar pestisida dan juga lebih segar.

Apabila hasil perkebunan organik tak terdapat alias terlalu mahal, maka yang biasa pun tak mengapa, asalkan Kamu mencucinya dengan baik, dan untuk buah-buahan, sebaiknya Kamu mengupas kulitnya, untuk mengurangi resiko cemaran pestisida.


Alternatif lain merupakan membeli buah alias sayuran yang dibekukan (frozen fruits and vegetables).

Bahan Bahan Makanan Bayi
Bahan Bahan Makanan Bayi
Bahan Yang Anda Perlukan
Berikut berbagai faktor yang butuh Kamu persiapkan sebelum mengawali membikin makanan bayi sendiri.
  1. Air
  2. Blender
  3. Panci
  4. Panci Kukus
  5. Wadah
  6. Wadah Es Batu
  7. Pisau
  8. Oven
Sebagai makanan pertama, buah-buahan sebaiknya dikupas, sebab khawatir alat pencernaan bayi belum bisa mencerna seratnya dengan baik.

Buah apa saja sebaiknya dicuci terlebih dulu sebelum dikupas alias dipotong. Apabila tidak, khawatir apabila ada bakteri pada kulit buah, ketika Kamu memotongnya maka bakteri tersebut bakal ikut bercampur dengan isi/daging buah yang bakal Kamu olah.

Bayi usia 6 bulan memakan puree/bubur serta ketika usianya 9 bulan, ia mulai bisa mengkonsumsi finger food – yaitu potongan kecil makanan yang Kamu makan.

Cara Mengolah Bahan Makanan
Sayuran serta buah-buahan yang bakal diblender menjadi puree sebaiknya direbus/dikukus terlebih dulu.
Terus lama sayuran berada dalam air, maka terus tak sedikit nutrisi yang hilang. Sebisa mungkin, tunggu sampai air mendidih sebelum Kamu memasukkan sayuran ke dalamnya, atau, yang lebih baik merupakan mengukusnya.
Apabila Kamu merebus sayuran sebelum dilumatkan dengan blender, maka sebaiknya Kamu memakai air rebusannya untuk diblender, sebab ia mengandung nutrisi (vitamin serta mineral) sayuran yang direbusnya.

Puree yang telah diblender dapat makanan bayi 6 bulan pertama Kamu tempatkan pada wadah stainless steel, keramik alias kaca.

Sebagai makanan pertama bayi, sebaiknya konsistensi bubur/puree Kamu buat agak encer, sebab si kecil selagi ini terbiasa meminum ASI. Seiring dengan waktu, Kamu dapat membikin konsistensinya terus kental.

Anda juga ingin menu mpasi 6 bulan membiasakan bayi Kamu untuk memakan makanan yang sama dengan yang Kamu makan. Tidak hanya gula serta garam, bumbu lain pada dasarnya aman untuk dikonsumsi oleh si kecil. Sebagian bayi bahkan menyukai rasa asam serta rasa-rasa kuat lainnya, semacam bawang putih. Kok dapat ya? Ya lah… apabila selagi ini Kamu telah memberbagi ASI kepadanya selagi 6 bulan, maka bayi Kamu telah terbiasa dengan beberapa rasa makanan yang Kamu konsumsi yang dialirkan melewati ASI.

Oleh karena itu, ketika membikin bubur/puree bayi, jangan takut untuk meningkatkankan bumbu-bumbu alias bahan makanan semacam paprika, makanan bayi 6 bulan pertama jinten, serta bahkan dengan cara berangsur-angsur Kamu juga dapat mulai menawarkan minyak zaitun terhadap si kecil.

Waktunya Makan
Satu faktor yang butuh diingat, setiap kali Kamu menawarkan bahan makanan baru terhadap bayi Anda, cobalah 1 tipe bahan saja selagi 3 hari, untuk menonton kemungkinan alergi. Dengan demikian, apabila terjadi alergi, dengan mudah Kamu dapat mengenal bahan apa penyebabnya serta dapat memberbagi pencegahan.

Tidak jarangkali terjadi… sang Ibu dengan semangatnya bermaksud membikin resep baru. Seusai berbelanja bahan, membersihkannya, lalu mengolahnya sesuai dengan petunjuk resep, maka tiba waktunya untuk memberbaginya terhadap buah hatinya. Tetapi ketika menyuapkannya terhadap bayi, apa yang terjadi? Nyatanya si kecil spontan mengernyitkan alisnya, seolah-olah mengatakan, “Mnyieh! Makanan apaan nih?!”

Kalau ini terjadi, jangan langsung berkecewa serta putus asa… Ini adalah fenomena yang biasa terjadi di seluruh dunia. Kamu sebaiknya mencoba untuk menawarkan resep bubur baru terhadap bayi Kamu sampai setidak sedikit 10 kali, sebelum memutuskan bahwa ia terbukti tak menyukai resep tersebut.

Apabila seusai 10 kali percobaan bayi Kamu masih menolak resep baru tersebut, maka Kamu dapat mencoba meningkatkankan bahan makanan yang ‘akrab’ menu mpasi 6 bulan di lidahnya, semacam ASI alias sereal.
Bayi yang telah terbiasa menerima beberapa resep makanan dapat mulai Kamu perkenalkan terhadap resep yang berupa kombinasi beberapa bahan sekaligus.

Secara bertahap, Kamu pun dapat mulai menyertakan kulit sayuran semacam tomat ketika membikin makanan si kecil. Daging ayam yang dicincang pun dapat mulai Kamu perkenalkan.

Cara Menyimpan Makanan Bayi
Makanan yang sudah Kamu buat dapat langsung Kamu simpan dalam freezer. Kamu dapat memakai cetakan es batu alias kantung plastik bersegel untuk menyimpannya.

Apabila Kamu memakai kantung plastik bersegel, pastikan udara dalam kantung Kamu keluarkan sebelum menutup rapat plastiknya. Berbagi label pada setiap kantung, berisikan info resep makanan serta tanggal pembuatannya.

Makanan yang Kamu bekukan pada cetakan es batu sebaiknya dipindahkan ke dalam kantung plastik bersegel, seusai ia membeku. Jangan lupa untuk mengeluarkan udaranya sebelum menyegel rapat serta menuliskan keterangan pada kantungnya.
 Cara Menyimpan Makanan Bayi
 Cara Menyimpan Makanan Bayi
Bubur sayuran serta buah yang disimpan dengan tutorial ini bisa bersi kukuh 6-8 bulan. Sementara bahan berprotein semacam ayam, daging sapi serta ikan bisa bersi kukuh sampai 1-2 bulan.

Ketika ingin menyaapabilannya, makanan beku tak butuh Kamu panaskan lagi. Kamu bisa memindahkannya ke kulkas selagi 1 hari sebelum menghidangkannya, alias lumayan merendamnya dalam air biasa (biasanya, hanya diperlukan waktu kurang lebih 5 menit untuk mencairkan kembali makanan beku dengan tutorial ini). Makanan Bayi 6 Bulan Pertama disaapabilan pada suhu ruangan normal.

Selamat mencoba!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Related : Makanan Bayi 6 Bulan Pertama

0 comments:

Posting Komentar