Kamis, 24 Maret 2016

Cara Membuat Yoghurt Sendiri Dengan Mudah

Cara Membuat Yoghurt Sendiri Dengan Mudah - Hallo Sobat Bloggerix kali ini saya akan membahas tentang resep lagi nih resep ini bisa juga alternatif untuk diet. Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer. - Wikipedia.org

Yogurt yang dikenal sebagai makanan ringan penurun berat badan juga sangat disukai semua kalangan, jadi tak hanya dikonsumsi ketika diet saja. Yogur yang dibangun dari olahan susu hasil fermentasi terbukti sangat pas untuk menjadi makanan bagi Kamu yang tengah berdiet, sebab makanan ringan ini mengandung tak sedikit vitamin B, protein, mineral dan serat yang sangat baik untuk tubuh. Asam laktat yang dihasilkan dari fermentasi gula susu berperan pada protein susu dalam menghasilkan tekstur gel dan bau unik pada yogurt. Yogurt memiliki tak sedikit varian rasa, baik yang rasa buah, alamu, vanilla, maupun rasa coklat. Tak hanya itu saja, yogurt juga diolah menjadi beraneka tipe makanan maupun minuman sehat. Mesikipun yogurt diolah dari susu, tetapi bagi Kamu yang alergi bakal susu masih dapat mengkonsumsi yoghurt. Faktor ini dikarenakan struktur laktosa dalam yoghurt yang telah dirusak bakteri dalam proses fermentasi. Tak hanya baik untuk pencernaan, yoghurt pun diyakini menurunkan kadar kolesterol pada darah jika dikonsumsi dengan selalu setiap harinya. Biasanya, yogurt dipasarkan pada swalayan maupun di supermarket dalam dua bentuk, yakni yoghurt plain (yogurt tanpa rasa) dan drink yoghurt (beraneka varian rasa).
Cara Membuat Yoghurt Sendiri Dengan Mudah
Cara Membuat Yoghurt Sendiri Dengan Mudah
Jenis susu yang akan dibuat menjadi yogurt tidak hanya dapat menggunakan susu sapi saja, namun Anda juga bisa menggunakan susu lain seperti susu kambing, kedelai, susu Yakult, maupun unta. Yogurt sangat pas dinikmati dalam keadaan dingin dilengkapi dengan buah-buahan. Apabila Anda suka akan yogurt, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dan dapat menentukan varian rasa sesuai dengan selera Anda. Untuk itu, Anda dapat mencoba beberapa langkah sederhana untuk membuat yogurt berikut ini.
Cara Membuat Yoghurt Sendiri Dengan Mudah

Bahan - Bahan

  • 1 ltr susu murni
  • 1/2 biang Yoghurt atau Yoghurt plain ( yoghurt dengan kandungan bakteri hidup/bakteri probiotik )
Cara Membuat
  1. Tuanglah susu ke panic kemudian panaskan memakai api yang kecil dengan semakin mengaduknya perlahan. Perhatikan pada saat proses pemanasan berjalan, jangan hingga susu tersebut mendidih maupun hangus dibagian bawahnya. Faktor ini dikarenakan proses pemanasan susu bermaksud untuk menjadikan struktur protein susu menjadi padat.\
  2. Seusai Kamu rasa cukup, maka angkat susu, dinginkan dengan tutorial mencelupkan panci dalam wadah besar berisi air dengan semakin mengaduknya perlahan hingga temperatur susu 43o Celcius.
  3. Tuanglah yoghurt plain dalam panci dengan isi susu serta aduk dengan perlahan hingga tercampur rata seluruhnya.
  4. Pindahkanlah cairan susu yang bercampur yoghurt plain dalam wadah bersih, serta tutup rapat-rapat memakai plastik yang rapat dengan tujuan proses inkubasi berlangsung dengan baik.
  5. Pada saat proses inkubasi, maka diamkan cairan yoghurt agar bakteri tumbuh dan berkembang degan baik. Usahakan temperatur masih terjaga yaitu 38o Celcius. Proses ini memerlukan waktu 7 jam. Terus lama inkubasi, maka tingkat keasaman pun bakal terus tinggi dan teksturnya bakal lebih kental.
  6. Seusai inkubasi berakhir, dinginkan yoghurt yang mengental dalam berbagai jam sebelum Kamu mengkonsumsinya. Faktor ini berfungsi mengtahan lamakan maupun meningkatkan waktu kadaluarsa dari yoghurt yakni selagi 1-2 minggu.
  7. Yoghurtpun siap dinikmati bersama potongan buah-buahan segar untuk meningkatkan cita rasa.
Nah,, Itulah resep dan cara membuat yoghurt sendiri menikmati Yoghurt lebih nikmat jika sedang bersantai dengan angin yang berhembus hembus wkwkkw lebay ya, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda. selamat mencoba....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share this with short URL: Get Short URLloading short url
Tags :

Related : Cara Membuat Yoghurt Sendiri Dengan Mudah

0 comments:

Posting Komentar